Logo Header
Culinary

Culinary

Home /
/ MENYANTAP NIKMATNYA SATE KAMBING NAN GURIH TANPA LEMAK DENGAN POTONGAN DAGING YANG BESAR
MENYANTAP NIKMATNYA SATE KAMBING NAN GURIH TANPA LEMAK DENGAN POTONGAN DAGING YANG BESAR

MENYANTAP NIKMATNYA SATE KAMBING NAN GURIH TANPA LEMAK DENGAN POTONGAN DAGING YANG BESAR

MENYANTAP NIKMATNYA SATE KAMBING NAN GURIH TANPA LEMAK DENGAN POTONGAN DAGING YANG BESAR. Apa yang ada di benak Anda ketika menyebut Pondok Bambu? Banyak orang mengaitkan dengan Lembaga Pemasyarakatan (LP) khusus wanita. LP ini memang terletak di Kelurahan Pondok Bambu. Tak salah memang. Tapi tahukah Anda, ada satu kuliner legendaris di daerah Pondok Bambu yang sudah dirintis sejak 1985.

Namanya cukup panjang, ‘Warung Sate dan Tongseng Pak H. Budi Asli Solo’. Biasa orang menyebutnya 'Sate Pak Budi Pondok Bambu'. Nama Budi sendiri diambil dari kependekan nama Eko Setiyabudi, yang merupakan anak dari almarhum pendiri rumah makan ini, yaitu Pak Senen Riyanto. Rumah makan ini kini dikelola oleh Pak Eko dan isteri dari Pak Senen. Selain di Pondok Bambu, rumah makan ini membuka cabangnya di Bekasi dan Bintaro.

Menu andalan rumah makan ini ialah sate kambing dan tongseng kambing. Ada juga menu lainnya yang tak kalah nikmatnya, seperti sate ayam, sate ati, sate sapi, sop kambing, tongseng ayam, tongseng sapi, tongseng gule, dan tengkleng. Eh, ada juga nasi goreng ayam dan nasi goreng kambingnya loh.

alt text

alt text sate kambing setengah porsi

Kelezatan sate kambing ini terletak pada gurih dan empuknya daging tanpa lemak yang disantap. Mantap saat dikunyah dan tidak berbau. Potongan dagingnya juga lebih besar dari biasanya. Begitu pula dengan sate ayam, tanpa lemak dengan potongan yang juga besar. Untuk sate ayam, bumbu kacangnya betul-betul beda rasanya dari yang biasa kita rasakan di tempat lain.

alt text sate ayam dengan bumbu kacang yang yummy...

alt text lontong

Bagaimana dengan tongsengnya? Wah, menu ini juga tak kalah nikmatnya. Beberapa kali memang saya mampir ke rumah makan ini karena dekat dengan kediaman. Karena tongseng sudah biasa, kali ini saya memesan tengkleng. Jangan ditanya pula soal rasanya, nikmat betul. Saya sampai keringatan saat menyantapnya. Karena ada rasa pedasnya.

alt text duh mas Sonny, pipinya sampai tembem gitu, kebanyakan kuliner sih..

Resep khusus kelezatan tongseng dan tengkleng ini diwariskan oleh Pak Senen kepada anaknya. Kabarnya, ada hal rutin yang dilakukan Pak Eko untuk memastikan cita rasa tongseng di semua warungnya tetap sama. Pak Eko menyambangi untuk mencicipi olahan tongseng setiap juru masak di warungnya. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas rasa.

alt text tempat memasak

Berapa harganya? Untuk seporsi sate kambing 48ribu. Seporsi sate ayam 40ribu. Sedangkan sate goreng kambing, sate gorang sapi, sate goreng iga seharga 50ribu. Itu harga per 6 Maret 2021 saat saya kesana. Menurut hemat saya, harga tersebut terbilang standar, bahkan murah. Kenapa? Selain potongan daging yang besar tanpa lemak, juga ditambah rasanya yang memang mantap. Jadi sebandinglah. Ada rasa ada harga.
alt text daftar harga dan menu

Open Hours: 10.00-23.00 WIB

Alamat:
Warung Sate dan Tongseng Pak H. Budi Asli Solo
Jl. Pahlawan Revolusi No.8, RW.9, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430

Lokasi: https://goo.gl/maps/4pP7rNVtESQLz8tY7



Lihat pula:
Instagram: https://www.instagram.com/sonny.wibisono.sonca/
Twitter: https://www.twitter.com/sonnywibisono
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCYHetftQlv2nf64YayuEW-g

Culinary MENYANTAP NIKMATNYA SATE KAMBING NAN GURIH TANPA LEMAK DENGAN POTONGAN DAGING YANG BESAR
COMMENTS

Latest Post

JELAJAH KEDAI ROTI DAN KEDAI ES KRIM LEGENDARIS DI JAKARTAJELAJAH KEDAI ROTI DAN KEDAI ES KRIM LEGENDARIS DI JAKARTA
Komunitas Wisata Kreatif Jakarta kembali menggelar wisata dengan tajuk ‘Walking Tour, Jelajah Kedai Roti dan Kedai Es Krim Legendaris di Jakarta’ pada Sabtu, 29 Maret 2021. Tur dipandu oleh pemandu wisata berpengalaman Mbak Ira Latief. Dimulai dari pukul 09.00 hingga selesai.
KULINER LEGENDARIS AYAM GORENG DI RAWAMANGUNKULINER LEGENDARIS AYAM GORENG DI RAWAMANGUN
Satu lagi kuliner legendaris di Rawamangun, Jakarta Timur. Namanya: Pondok Ayam Goreng H. Halim. Biasa disebut Ayamg Goreng Halim.
WARUNG SELAT MBAK LIESWARUNG SELAT MBAK LIES
Tempat ini sesungguhnya sudah berdiri sejak 23 tahun silam. Uniknya, untuk menuju rumah makan ini hanya bisa dilalui satu mobil saja. Selain menu andalan Selat Solo, Warung Selat Mbak Lies juga menyediakan menu lainnya, seperti gado-gado lontong, sup matahari, sup manten, timlo ayam, dan lainnya.
Widget is loading comments...