Logo Header
Culinary

Culinary

Home /
/ DAUN UBI TUMBUK
DAUN UBI TUMBUK

DAUN UBI TUMBUK

DAUN UBI TUMBUK. Kuliner ini sudah mulai sulit ditemui di Jakarta. Daun ubi tumbuk merupakan hidangan jenis sayuran menggunakan daun singkong dan beberapa bumbu yang ditumbuk. Di daerah asalnya, biasa ditumbuk dengan lesung dan alu batu. Disini biasa menggunakan cobek dan ulekan.

Bahannya daun singkong ditambah sedikit cabe, bawang merah, bawang putih, kincong/kecombrang, rimbang, dan udang kering yang ditumbuk secara bersamaan. Saudara kami kadang menambahkan daun salam dan serai, katanya sebagai penetralisir bagi penderita darah tinggi. Setelah itu dicampur santan lalu dimasak.

alt text

Masakan ini ditemukan dalam tradisi kuliner Batak. Dapat pula dijumpai dalam kuliner Padang, Dayak, Manado, dan Bugis. Walau di Jakarta, bila menyebut daun ubi tumbuk identik dengan kuliner Batak. Ada berbagai variasi tambahan bumbu atau cara memasaknya di beberapa tempat.

Masakan ini sebenarnya tak mudah ditemui di Jakarta. Biasanya yang menyajikan resto khas Melayu (bukan resto Padang ya) dan lapo, yang jumlahnya di Jakarta tak sebanyak resto Padang. Ada juga resto Padang yang menyajikan, tapi jarang, umumnya juga daun ubi tumbuknya sudah mengalami variasi dari bahan dan cara memasaknya. Biasanya terlihat lebih kental kuahnya.

Bila pun tersedia disini, harganya tidak terhitung murah untuk masakan jenis sayur. Mengapa sulit ditemui di Jakarta dan kalaupun ada harganya tidak murah? Harga seikat daun singkong memang murah, sekitar 3ribu hingga 5ribu, tapi memasaknya yang lama dan butuh ketelatenan. Ini juga mungkin yang membuat para ibu lebih memilih memasak sayur yang lebih mudah cara memasaknya. Mungkin ya.

Kita menemui masakan ini pada saat acara tertentu keluarga, misalnya arisan. Namanya acara keluarga, mayoritas menyukai dan terbiasa dengan masakan ini. Tak heran bila cepat habis saat disajikan. Saya sendiri setidaknya menyantap masakan ini sebulan sekali. Bukan membeli. Tapi mengolahnya sendiri dirumah. Jadi lebih nikmat. Selamat bersantap siang untuk semuanya.
Culinary DAUN UBI TUMBUK

Latest Post

DAUN UBI TUMBUKDAUN UBI TUMBUK
Kuliner ini sudah mulai sulit ditemui di Jakarta. Daun ubi tumbuk merupakan hidangan jenis sayuran menggunakan daun singkong dan beberapa bumbu yang ditumbuk. Di daerah asalnya, biasa ditumbuk dengan lesung dan alu batu. Disini biasa menggunakan cobek dan ulekan.
KETAN SUSU KEMAYORANKETAN SUSU KEMAYORAN
Ada satu tempat tongkrongan kuliner legendaris di Jakarta Pusat. Berada di daerah Kemayoran. Namanya Ketan Susu Kemayoran. Tempatnya sederhana, layaknya warung kopi biasa. Tempat ini memang tak pernah sepi pembeli, walau saat pandemi sekalipun. Tentu tak seramai saat sebelum pandemi, dimana pengunjung rela antre.
MENYANTAP PECEL NDESO DALAM SUASANA TRADISIONALMENYANTAP PECEL NDESO DALAM SUASANA TRADISIONAL
Dari namanya, resto ini menyediakan menu andalan pecel. Walau ada nama Solo, resto yang saya kunjungi kali ini terletak di Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Palagan Tentara Pelajar 52, Sleman, Yogyakarta. Resto ini berdiri belasan tahun silam. Untuk pusatnya, terletak di Kota Solo, Jl. Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen, Solo.