Logo Header
Blog

Blog

Home /
/ BAHAYANYA PATAH HATI
BAHAYANYA PATAH HATI

BAHAYANYA PATAH HATI

BAHAYANYA PATAH HATI
Oleh: Sonny Wibisono – Pemerhati Masalah Sosial, Tinggal di Jakarta

‘Orang bisa mati karena patah hati..’
Alex Garner, the British Psychological Society.

Patah hati dapat dialami oleh siapa saja, baik bagi mereka yang sudah menikah, dan umumnya bagi mereka yang masih sendiri. Dalam keadaan hati yang terguncang, seseorang yang mengalami patah hati umumnya merasa kecewa, cenderung pesimis, rendah diri, minder, depresi, insomnia, atau terus menerus menangis karena sedih. Sudah tidak terhitung jumlahnya di dunia ini, bagaimana seseorang yang patah hati melakukan tindakan bunuh diri karena merasa tak tahan terhadap derita yang dirasakannya. Tetapi yang lebih berbahaya, bila seorang yang mengalami patah hati tersebut, karena tindakannya yang under control, justeru dapat mencelakakan orang lain.

Seorang pilot Ryanair milik maskapai penerbangan Irlandia diberitakan hampir menewaskan 184 penumpang dan 5 kru pesawat yang diawakinya, seperti dilansir Kantor Berita AFP bulan September 2005 lalu. Pilot berusia 38 tahun tersebut terlalu cepat mendaratkan pesawatnya sehingga menimbulkan kepanikan penumpang dan kru pesawat. Otoritas Irlandia menyebut kejadian itu sebagai insiden yang serius. Namun hanya karena kemujuran belaka, meskipun melakukan kesalahan, pilot yang dirahasiakan namanya itu berhasil mendaratkan pesawatnya dengan selamat. Dalam laporan investigasi terungkap bahwa pilot tersebut telah menerbangkan Boeing 737 itu ‘di luar parameter normal operator dan prosedur pesawat saat akan mendarat’. Peristiwa ini terjadi pertengahan tahun 2004 lalu dalam penerbangan antara Bandar Udara Stansted, London dan Skavsta dekat Stockholm. Dalam penyelidikan terungkap bahwa pilot asal Australia itu mengaku saat itu dirinya sulit berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan sang pilot mengalami kelelahan fisik dan psikis akibat didera masalah rumah tangga selama enam bulan terakhir. Bahkan istri dan anak-anaknya sudah pergi meninggalkan dirinya ke Australia.

Dalam kasus lain, seperti dilansir Kantor Berita Cina, Xinhua News Agencybeberapa waktu lalu, menyebutkan bahwa selama 10 tahun terakhir, patah hati karena cinta dan belitan emosional menjadi penyebab utama bunuh diri dan pembunuhan di China. Sayangnya, kantor berita itu tidak menyebutkan jumlah pastinya. Laporan itu hanya memberikan contoh yang dilakukanKong Minyu, seorang jebolan universitas, yang membunuh pacarnya gara-gara diputus cinta yang sudah dijalin dua tahun. Setelah membunuh pacarnya ia lari, tetapi beberapa waktu lalu ia ditangkap polisi, diadili, dan dihukum mati.

Seberapa parahkah kejiwaan seseorang yang mengalami patah hati? Prof Alex Garner, anggota the British Psychological Society mengatakan "Orang bisa mati karena patah hati." Frank Tallis, ahli kejiwaan yang tinggal di London, sebagaimana dikutip majalah The Psychologist, termasuk salah seorang yang meminta para ahli lebih mewaspadai penderita patah hati dan menangani mereka lebih serius. "Meskipun sudah banyak riset dilakukan untuk menangani masalah hubungan sosial dan psikoseksual, hanya sedikit yang melakukan studi lebih dalam soal patah hati," kata Tallis. Dalam keadaan ekstrim, hubungan percintaan yang naik turun alias tidak stabil, atau ditolak cintanya bisa membawa orang melakukan tindakan diluar kendali.

Apakah patah hati dapat diatasi? Tentu. Para psikolog berpendapat bahwa bagi penderita patah hati agar tetap percaya diri dan yakin bahwa masalah yang dihadapinya akan bisa diatasi oleh orang yang bersangkutan. Orang yang patah hati tersebut harus terus-menurus meyakinkan dirinya bahwa ia bisa mengatasi patah hatinya. Pada gilirannya, ia pun diharapkan bisa menerima kenyataan yang telah terjadi. Namun melalui masa-masa yang menyakitkan itu memang memerlukan waktu, yang rentangnya bisa tidak sama pada masing-masing orang. Rentang waktu itu bergantung pada seberapa keras usaha orang yang sedang patah hati untuk mengatasi masalah yang mengungkung dirinya.

Beberapa ahli menyarankan beberapa tindakan-tindakan yang sebaiknya dilakukan bagi orang yang menagalami patah hati.

Lupakan segala sesuatu terhadap mantan kekasih Anda, putuskan kontak, dan jangan biarkan ia hinggap dalam pikiran Anda. Walau demikian, Anda tidak perlu membencinya, artinya, persahabatan dan silaturahmi harus tetap diupayakan, bila suatu saat bertemu tidak sengaja, Anda tidak perlu menghindar. Dan Anda tidak perlu menelponnya kalau tidak perlu sekali.

Bila Anda dan mantan kekasih Anda pernah saling memberi barang, kembalikan saja barang-barang pemberiannya, atau berikan kepada yang membutuhkan, misal yayasan yatim piatu, atau boleh juga singkirkan sementara untuk menghapus kenangan terhadap dia.

Perbanyak kesibukan-kesibukan sosial, kesibukan yang dapat membantu dan meringankan beban orang lain. Penelitian membuktikan, bahwa menolong orang lain mendatangkan perasaan nyaman bagi pelakunya. Banyak cara untuk melakukan hal itu, misal menjadi sukarelawan bakti sosial, panitia keagamaan, atau kegiatan lainnya yang berguna.

Anda harus mengevaluasi kegagalan hubungan Anda dan pelajari sebab-sebab kegagalan hubungan tersebut. Tumpahkan isi hati dan uneg-uneg Anda ke dalam catatan atau diary. Jangan ragu kalau Anda ingin memakai kata atau kalimat makian. Menumpahkan semua pikiran yang ada di kepala ke dalam suatu tulisan dapat meringankan beban Anda. Cara yang paling sederhana menumpahkan isi hati dan pikiran adalah dengan menulis, bila tidak, seperti sebuah saluran, ia akan tersumbat dan suatu saat meledak. Hal ini juga perlu, bila suatu saat nanti ketika Anda membuka kembali catatan Anda, jangan kaget, jika Anda kemudian menemukan jalan ke hal-hal yang baru dan dapat lebih memahami kecenderungan yang ada pada diri Anda sendiri. Sehingga di kemudian hari Anda sudah punya gambaran seperti apa hubungan yang Anda inginkan.

Bila perasaan kesepian menghampiri Anda, kunjungilah sahabat atau keluarga terdekat Anda dan lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti bermain kartu atau berceritalah hal-hal yang ringan dan lucu, seperti masa kecil Anda atau ketika Anda bersekolah dulu.
Sediakan waktu Anda untuk memanjakan diri sendiri. Datanglah ke tempat-tempat yang dapat membuat Anda rileks dan santai, seperti salon, spa, pijat refleksi, sauna, lulur atau bahkan menonton film. Bisa juga Anda datang ke sebuah pesta yang sudah Anda ketahui sebelumnya hanya akan dihadiri oleh sedikit orang.
Bila rasa sakit sudah begitu meluap, carilah saluran yang positif, seperti berolah raga, bermain video game, atau melakukan meditasi.

Tekuni kembali hobi lama Anda atau carilah kegemaran baru, misal melalui kursus atau pelatihan. Pada kesempatan ini, mungkin Anda masih menutup diri terhadap kemungkinan berkenalan dengan orang-orang baru. Tidak ada yang terlalu cepat untuk bertemu berkenalan dengan orang-orang baru meskipun hubungan Anda dengan kekasih baru berakhir beberapa hari.

Bacalah buku, majalah atau putarlah film yang dapat menggugah inspirasi Anda.
Binatang piaraan adalah sesuatu hal yang menarik. Binatang piaran akan memberikan cinta tak terbatas kepada Anda.

Memang, tak ada jaminan yang pasti patah hati Anda akan terobati jika mengikuti saran-saran tersebut. Tapi, setidaknya langkah-langkah itu dapat menjadi sedikit pemantik untuk menyalakan semangat, sehingga Anda kembali siap menjalin hubungan asmara yang baru. Orang yang telah berhasil menyembuhkan sakit hatinya seringkali tidak menyangka sebelumnya kalau bisa bangkit lagi. Padahal asal mau, pasti mereka bisa membuka hati dan jatuh cinta lagi.

* Pernah dimuat di Majalah Violet - Edisi Mei 2006
Articles BAHAYANYA PATAH HATI

Latest Post

MATINYA TAMAN BACAANMATINYA TAMAN BACAAN
Wabah pandemi, siapapun tahu, meluluh-lantakan sebagian besar dunia usaha. Tak peduli bisnis halal maupun haram. Semua kena imbasnya. Tak terkecuali dalam dunia literasi. Taman bacaan misalnya, yang ikut kena getahnya.
SEPULUH JUTA RUPIAH UNTUK KOLEKSI TRIO DETEKTIFSEPULUH JUTA RUPIAH UNTUK KOLEKSI TRIO DETEKTIF
Jadi, secara keseluruhan ada 56 buku yang ditawarkan penjual. Bila dirata-rata, satu buku dihargai 178 ribu. Apakah harga itu mahal untuk sebuah buku lawas?
CAINE CEPOT DAN ADINCAINE, CEPOT, DAN ADIN
"I am Caine. I will help You."
-- David Carradine sebagai Caine dalam serial tv `Kung Fu'